coklat bersama kelebihan dan kekurangannya tetap banyak disukai banyak orang dari berbagai kalangan, berbagai usia, berbagai tempat dan berbagai suasana. semangat educoklatz manis semoga menjadi inspirasi. Mari kita belajar melalui coklatz

Kamis, 18 Agustus 2011

KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK PENYUSUNAN RPP MENURUT BLOOM (TAXONOMY BLOOM’S)

Membuka-buka catatan di kala kuliah tak sengaja menemukan file ini.
Lupa dari siapa sumbernya, tapi semoga bermanfaat.


KATA KERJA OPERASIONAL (UNTUK INDIKATOR)
LEVEL :
KNOWLADGE


1.   Menyebutkan kembali
Kemampuan untuk me-recal, mengulangi mengungkapkan konsep, fakta, data melalui ucapan (oral activity) dan tulisan (written activity)
2.   Menterjemahkan
Kemampuan untuk mengalih bahasakan dari satu bahasa ke bahasa yang lain, satu kata atau kalimat.
3.   Menuliskan kembali
Kemampuan untuk me-recal, dengan cara menuliskan suatu  konsep, fakta, data melalui keterampilan menulis (written activity)
4.   Mendefinisikan
Kemampuan untuk mengemukakan pengertian secara terminologi mengenai suatu konsep berdasarkan literatur / rujukan yang ada (bukan dari pemikiran yang mendalam dari siswa)
5.   Mengulang
Pengertiannya hampir sama dengan meyebutkan dan menuliskan kembali, yakni kemampuan untuk me-recal satu konsep atau fakta, data, dll.
6.   Membuat daftar
Kemampuan untuk merinci, mengidentifikasi, menuliskan daftar (list), mencatat nama-nama kode/simbol tertentu.
7.   Menceritakan
Kemampuan untuk mengungkapkan kembali pengalaman yang dimilikinya melalui lisan (oral activity) interpretasinya.
8.   Menghubungkan
Kemampuan untuk mengkaitkan sesuatu konsep fakta dengan konsep, fakta yang lainnya. Menunjukkan terdaat keterkaitan diantara dua konsep/fakta yang berbeda
9.   Merekam
Kemampuan untuk medokumentasikan satu even menggunakan alat perekam tertent

LEVEL K-2
KOMPREHENSION

1.     Mengutarakan
Kemampuan seseorang dalam mengungkapkan satu pengalaman, konsep, prinsip yang didasari oleh pemikirannya sendiri atas sesuatu
2.     Mengalih bahasakan
Kemampuan untuk menterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa yang lain, namun memiliki kompleksitas yang lebih tinggi dari menterjemahkan pada K-1, dilihat dari banyaknya bahasa yang diterjemahkan dan banyaknya kata yang diterjemahkan.
3.     Mengungkapkan
Kata kerja ini hampir sama dengan kemampuan mengutarakan dengan asumsi dan pemikiran intelektual dari pribadi seseorang terhadap suatu konsep, iven, fakta, dll.
4.     Menyampaikan
Kemampuan dalam meng-ekspose secara lebih jelas dan rinci satu pemikiran pada pihak lain, melalui tulisan, dan atau kata-kata.
5.     Mengekspresikan
mengungkapkan (gagasan, maksud, perasaan, dsb) dengan gerak anggota badan, air muka, kata-kata)
6.     Mengemukakan
mengajukan (pendapat, pikiran, dsb) ke hadapan (orang, pembaca, pendengar) untuk dipertimbangkan; mengatakan; mengutarakan; mengetengahkan dengan konsep yang pasti tanka keragu-raguan
7.     Mengidentifikasi
Kemampuan dalam menentukan atau menetapkan identitas berupa orang, benda, objek, iven, atribut, simbol, dan lain-lain
8.     Menjelaskan
Kemampuan seseorang untuk menerangkan; menguraikan secara lebih jelas, memberikan pencerakan pada pihak tertentu dengan pemahaman sendiri didasarkan atas fakta dan data (base on data). Kata kerja yang relevan / mirif : menerangkan, membeberkan, mengekspos, menyatakan, memaknai, mengutarakan
9.     Mendeskripsikan
Kemampuan untuk memaparkan atau menggambarkan dengan  kata-kata secara jelas dan terperinci; menguraikan
10.  Mengenali
Kemampuan untuk mengetahui tanda-tandanya, ciri-ciri dan karakteristik tertentu untuk menyusun sebuah pemahaman konsp
11.  Mereviu
Kemampuan untuk mengkaji, menemukan kesesuaian antara satu produk pekerjaan dengan parameter yang ada.
LEVEL K-3
APLICATION

1.      Menggunakan
Kemampuan untuk memakai, mengoperasikan suatu alat, perkakas, metode, media, instrumen, objek dll.Serta mampu mengambil manfaatnya; untuk melakukan sesuatu yang lain.
2.      Menginterpretasikan
Kemampuan untuk menafsirkan , memaknai dengan paradigma yang dimilikinya
3.      Menyandiwarakan
Kemampuan seseorang untuk memperagakan suatu alur, peran, kejadian, tokoh, dll, Kata-kata yang terkait dengan ini dintaranya : mensimulasikan, mendramatisasikan, memperagakan.
4.      Menjalankan / melaksankan
Kemampua untuk menguraikan, langkah-langkah yang tepat, dengan cara yang sesuai prosedur
5.      Membuat sketsa
Kemampuan untuk membuat rancangan konsep dalam bentuk coretan kasar, yang belum dilengkapi dengan atribut yang lebih lengkap seperti ; kelengkapan objek, warna, simbol, ruang dan texture. Kata Kerja yang lain ; mengilustrasikan, melukis, dll.
6.      Mempraktekan
Kemampuan untuk melakukan langkah-langkah praktis secara operasional, dengan melibatkan unsur fisik, intelektual dan mental. Menjabarkan teori dalam bentuk produk nyata.
7.      Mendemonstrasikan
Kemampuan dalam mempertunjukkan; mempertontonkan; memperagakan:  dengan cara-cara tertentu, metode tertentu, alat tertentu
8.      Melaksanakan
Mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan standar  operational procedure,  mampu mengadaptasi suatu pekerjaan / perintah baru pada pekerjaannya.
9.      Mengaplikasikan
Mampu menerapkan konsep / teori / hukum/ dalil, dll. pada pekerjaanya.
10.   Membuat
Kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan untuk menghasilkan sesuatu produk, konsep, teori metode, dll. Mengadaptasi dan mengadopsi dari model yang sudah ada.
LEVEL K-4
ANALYSIS

1.      Membandingkan
Melakukan pengkajian untuk menemukan karakteristik yang sama dalam satu objek. Kata kerja yang relevan ; membedakan, membeda-bedakan, mengkomparasi.
2.      Menenentukan karakteristik
Kemampuan untuk menentukan sifat, kelebihan, kekurangan dan sifta-sifat yang lainnya dan mengklasifikasikan berdasarkan sifat yang sama.
3.      Menguraikan
Memaparkan dan menjelaskan sesuatu yang menjedi lebih ringkas, jelas dan mudah dipahami bisa juga kemampuan menjabarkan menjedi bagian-bagian yang terperinci. Kata kerja yang relevan : menjabarkan, menganalisis.
4.      Mengkatagorisasi
Kemampuan untuk menggolongkan, mengklasifikasi, membuat taksonomi, membuat klaster.
5.      Menaksir / mempertimbangkan
Kemampuan untuk memikirkan dengan cermat untuk menentukan sesuatu. Memintakan pertimbangan kepada yang lain, menyerahkan sesuatu supaya dipertimbangkan
6.      Menginventarisir
Kemampuan untuk menentukan daftar ,memetakan, mengidentifikasi objek, barang dan lain-lain.
7.      Mengkritisir
Kemampuan seseorang untuk mengkaji secara mendalam dan memberikan masukkan-masukan terhadap suatu masalah untuk dicarikan solusi terhadap masalah tersebut.
8.      Memecahkan masalah
Kemampuan dalam menggunakan pemikiran, pemahaman, intelektual, dan emosional dalam memecahkan masalah yang dihadapi, dengan membuat alternatif permasalahan-permasalahan yang ada.
9.      Mengelola
Kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu dengan menggerakkan tenaga orang lain. Bisa juga bermakna  kemampuan untuk membantu merumuskan kebijaksanaan dan tujuan organisasi dan  proses yg memberikan pengawasan kepada semua hal yg terlibat dl pelaksanaan kebijaksanaan dan pencapaian tujuan
LEVEL K-5
EVALUATION

1.      Mempertimbangkan
Kemampuan untuk memikirkan dengan cermat untuk menentukan sesuatu. Memintakan pertimbangan kepada yang lain, menyerahkan sesuatu supaya dipertimbangkan (sama dengan di K4 namun berbeda kompleksitas dan konteksnya)
2.      Memberikan penilaian
Kemampuan untuk memperkirakan atau menentukan nilai, makna dari sebuah pengukuran tertentu.
3.      Mengukur (measuring)
Kemampuan untuk menggunakan alat ukur tenrtentu untuk memperoleh data kuantitatif dengan menggunakan standar tertentu.
4.      Mengevaluasi
Kemampuan untuk melakukan tahap-tahap dalam pengukuran untuk menentukan nilai tertentu dengan menggunakan instrumen tertentu, seperti tes, non tes, dan lain-lain.
5.      Membuat skor
Kemampuan untuk menentukan skoring dari proses pengukuran dengan menggunakan parameter tertentu dan alat pengukuran tertentu.
6.      Membuat tingkatan
Kemampuan untuk menentukan tingkatan (grade / range) dari sebuah data yang ada hasil pengolahan dan pengukuran.

LEVEL K-6
CREATE

Mampu menciptakan model/ pola atau metode baru dalam pekerjaannya yang inovatif baik produk, proses, metode, jasa,  dan lain-lain.
Contoh: Merancang,  Mengkontruksi,  Mendesain, Membuat model,  Membuat metode,  Membuat laporan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar