coklat bersama kelebihan dan kekurangannya tetap banyak disukai banyak orang dari berbagai kalangan, berbagai usia, berbagai tempat dan berbagai suasana. semangat educoklatz manis semoga menjadi inspirasi. Mari kita belajar melalui coklatz

Minggu, 21 Agustus 2011

Yoo Kita Puasa

Saum atau puasa dalam islam (Arab: صوم) secara bahasa artinya menahan atau mencegah. Menurut syariat agama Islam artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

Perintah berpuasa dari Allah terdapat dalam Al-Quran di surat Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa."

Ibadah shaum Ramadhan yang diwajibkan Allah kepada setiap mu’min adalah ibadah yang ditujukan untuk menghamba kepada Allah seperti yang tertera dalam QS. Al- Baqarah/2: 183. Hikmah dari ibadah shaum itu sendiri adalah melatih manusia untuk sabar dalam menjalani hidup. Maksud dari sabar yang tertera dalam al-Quran adalah ‘gigih dan ulet’ seperti yang dimaksud dalam QS. Ali ‘Imran/3: 146.
http://id.wikipedia.org/wiki/Saum

Ayoooo kita puasa...
Beruntung punya orangtua yang mengjarkan shaum dari kecil, mulai dari balita bahkan masih dalam kandungan sudah diajarkan shaum oleh mama tercinta. Perlahan-lahan sedikit demi sedikit dan dalam waktu yang bertahap orangtuaku sudah mengajarkan bagaimana nikmatnya berpuasa. 

Banyak kenangan indah menjalani puasa di masa kecil. Masa dimana masih belum mengerti dan memahami arti dan hikmah dari puasa, namun sungguh menikmati keberadaan bulan Ramadhan yang penuh kebahagiaan. 

Mulai dari acara ngabuburit, teraweh, jalan-jalan, main petasan (hoalaaaa...) dan buka bersama di siang hari (wkwkwkwkw....). Rutinitas di bulan Ramadhan yang sangat kental dengan nuansa ibadah. Mengaji bersama teman, kuliah subuh, dan mengikuti lomba-lomba yang berkaitan dengan Ramadhan. 

Semangaaaaaaaaaaaaattt!!!

Berjalannya waktu, semakin bertambahnya umur dan bertambah pula kegiatan. Sekolah pun semakin tinggi, bagaimana ciri khas ramadhan di SD, SMP, SMA sampai zaman-zaman kuliah (anak rantau ceritanye...) Buka bersama pun jadi ajang untuk berkumpul, bercengkrama bahkan reuni dengan sahabat-sahabat lama. Senangnya menjadi muslimah yang merasakan berkah Ramadhan.

Berlomba-lomba mencari sebanyak-banyaknya pahala (walau kadang sadar ga sadar dosa pun masih dijalankan) namun ketenangan di bulan Ramadhan menjadi penyejuk hati membayar sebelas bulan kebelakang yang penuh dengan kegilaan-kegilaan yang kadang berlebihan.

Allah SWT  senantiasa bermurah hati dan selalu memberikan kesempatan yang berlimpah ruah untuk ummatnya yang beriman. Setelah sebelas bulan kita bekerja banting tulang Allah memberikan kita satu bulan penuh untuk kita dapat merefresh kembali kadar keimana kita. Setelah sebelas bulan kita kadang lupa nikmatnya bercengkrama dengan Yang Maha Mencipta, maka Dia memberika kita kesempatan satu bulan penuh untuk dapat mencurahkan rasa cinta kita kepadaNya. Walau bukan hanya di bulan ramadhan saja kita harus beribadah, namun dengan segala nikmatNya kita dalam merasakan berkah yang sangat melimpah dengan beribadah di bulan Ramadhan

Ayooooo kita puasa....
Semangat, walau tinggal beberapa hari lagi dimana pintu ampunan dibuka selebar-lebarnya untuk ummatNya yang beriman.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar